Minggu, 10 Februari 2008

Menderita Hipertensi dan Hepatitis, Usir dengan Semangka C


Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Tumbuh liar bernama latin citrullus vulgaris di tepi jalan, padang belukar, pantai laut, atau ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman buah. Semangka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.00 m dpl

Terna semusim ini tumbuh manjalar diatas tanah atau memanjat dengan salur-salur atau alat pembelit. Batang lunak, bersegi dan berambut, panjangnya 1,5-5 m. Sulur tumbuh dari ketiak daun, bercabang 2-3. Daun letak berseling, bertangkai, helaian daun lebar dan berbulu, berbagi menjari, dengan ujung runcing, panajang 3-25 cm, lebar 1,5-15 cm, tepi bergelombang, kadang bergigi tidak teratur, permukaan bawah berambut rapat pada tulangnya.

Sifat dan Khasiat
Kulit buah dan daging buahnya rasanya manis, sifatnya dingin, afinitas ke meridian jantung, lambung, dan kandung kemih. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tumbuh selagi cuaca panas , peluruh kencing (diuretik), antiradang, melumas usus, dan menghilangkan haus.

Pada pengobatan tradisional Cina, semangka digunakan untuk melawan bentuk “summer heat” yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak berkeringat, rasa haus, suhu tubuh meningkat, warna urine jernih, diare, dan mudah marah. Buah atau jus buahnya meringankan gejala-gejala di atas, meningkatkan keluarnya urine, dan membersihkan ginjal.

Biji rasanya manis, sifatnya netral. Berkhasiat peluruh kencing (diuretik), menyehatkan ginjal, menyejukkan pada radang kandung kemih, dan melembabkan usus.

Kandungan Kimia
Daging semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93,4%, protein 0.5%, karbohidrat 5,3%, lemak 0,1%, serat 0,2%, abu 0,5%, dan vitamin (A, B dan C). Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6 H12 N3 O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen (C40 H56), Karoten, bromin dan sukrosa. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi dan dapat membantu kerja jantung dan menornalkan tekanan darah. Likopen merupakan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E.

Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20-45%, protein 30-40%, sitrulin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit buah, daging buah, dan bijinya. Untuk kulit buah, setelah isinya dimakan dan kulit lapisan luarnya dibuang maka bagian yang berwarna putih bisa digunakan segar atau setelah dikeringkan.

Indikasi
Kulit buah semangka digunakan untuk pengobatan :
  1. bengkak karena timnan cairan pada penyakit ginjal,
  2. kencing manis (diabetes melistus),
  3. gatal karena tanaman beracun,
  4. sakit sewaktu bangun tidur pagi akibat alkohol (hangover),
  5. migren,
  6. mencegah kerontokan rambut,
  7. menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah,
  8. kulit kasar, luka bakar, dan terbakar matahari
Daging buah digunakan untuk pengobatan :
  1. pingsang karena udara panas (heat stroke),
  2. rasa letih,
  3. demam, haus disertai mulut kering, panas berbau,
  4. air kemih warnanya gelap dan kuning tua , nyeri sewaktu kencing,
  5. perut kembung karena banyak gas,
  6. susah buang air besar (sembelit),
  7. sakit tenggorok, sariawan,
  8. hepatitis,
  9. tekanan darah tinggi (hipertensi),

  10. disfusi ereksi (impoten),
  11. meningkatkan kesuburan pria,
  12. keracunan alkohol,
  13. asam urat tinggi, dan
  14. menghilangkan kerutan di wajah
Daging digunakan untuk :
  1. susah buang air besar selama hamil atau usia tua,
  2. radang hati, radang selaput lendir usus,
  3. infeksi kandungan kemih,
  4. kurang darah (anemia),
  5. membasmi cacing usus, dan
  6. busung lapar.
Cara Pemakaian
Rebus kulit buah (10-30g), lalu minum. Daging buah dimakan atau dijus secukupnya

Untuk pemakaian luar, gosokan kulit buah pada kulit kepala untuk mencegah kerontokan rambut atau gatal-gatal karena tanaman berracun. Gunakan air rebusan kulit buah untuk mencuci muka yang berawat, kulit yang berkudis, atau biang keringat.

Catatan
  1. penderita dengan lambung lemah dan dingin jangan terlalu banyak makan buah semangka
  2. pria dengan gangguan prostat jangan makan buah semangka

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by TRIBUNSEHAT.COM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks